Selasa, 25 September 2012

Backpacker Palembang - Klaten




Pengalaman diri sendiri adalah guru yang tidak menyenangkan. Namun ada juga guru yang menyenangkan, apalagi kalo bukan pengalaman orang lain, hehe.

Kali ini ane bakal nyeritain guru yang tidak menyenangkan sekaligus menyenangkan. kenapa kalimat ane begitu ambigu? Ini bukan karena salah ejaan, grammar, atau ketik. Karena ini pengalaman ane bersama 3 sahabat ane, AP, AH, PA (Sesuai abjab). Jadi, bisa disimpulkan menurut teori pengalaman adalah guru. Guru yang tidak menyenangkan karena itu pengalaman ane, dan guru yang menyenangkan karena itu juga pengalaman sahabat ane.
Ini merupakan sebuah kisah “Backpacker” 4 mahasiswa minim dana, sebenarnya sih meminimalisasi dana tapi bisa sekalian jalan-jalan di kota yang disinggahi. Perjalanan ini berawal dari Palembang dan berakhir di kota masing-masing. 2 menuju Klaten dan 2 menuju Solo. Langsung aja ke detik-detik, menit-menit, pukul-pukul dan hari-hari dimana perjalanan ini berlangsung.

Hari Pertama

Tujuan pertama adalah kota Lampung. Dari palembang beli tiket kereta api ekonomi “Rajabasa” dengan tujuan stasiun Tanjung Karang. Tiket kali ini kita beli via online di http://www.tiket.com seharga Rp 15.000,- per orang. Dikenakan biaya administrasi untuk sekali pemesanan yaitu Rp 7.500,-. Dibayar lewat ATM (Pembayaran ATM buka pada pukul 09.00-17.00) karena belum ada satupun dari kita yang punya kartu ngutang a.k.a Credit Card. Kali ini yang jadi tumbal ATM adalah si PA, beliau mentransfer Rp 67.603,- {(Rp 15.000 x 4) + Rp 7.500,- + Rp 103,-}. Ditambah Rp 103,- karena ini merupakan 3 digit unik agar transfer aman, kayak security system gitu mungkin.

Berangkat dari kos naik Blue Bird yang udah dibooking sebelumnya. Kata seorang temen sih murah pake argo, makanya kita gak pake borongan. Ongkos taksi Rp 64.000,-. Sampai di stasiun Kertapati pukul 08.00 WIB, terus antri buat nuker printout pemesanan tiket online. Pada tiket tertulis jadwal keberangkatan kereta api pukul 08.30 WIB, sampai tujuan pukul 17.30 WIB dan ternyata kereta baru berangkat pukul 09.30 WIB.

Akhirnya sampai stasiun Tanjung Karang pukul 21.30 WIB. Di luar stasiun kita nyari travel yang berangkat ke pelabuhan Bakauheni. Akhirnya kita dapat travel Suzuki Luxio dengan harga Rp 30.000,- per kepala. Karena keburu tengah malam kita belum sempet jalan-jalan di kota Bandar Lampung. Perjalanan yang mendebarkan karena supir ugal-ugalan dialami sahabat ane, beberapa kali hampir kecelakaan, ane sih nggak tau karena ane tertidur pules di dalam mobil.

Kita selamat sampai pelabuhan Bakauheni pada pukul 23.30 WIB. Kita langsung nyari toilet karena masing-masing kran air kita udah diujung tanduk. Setelah istirahat sejenak kita beli tiket kapal fery (miliknya ASDP) tujuan pelabuhan Merak seharga Rp 11.500,- per orang. Kebagian kapal Jatra 3 yang berangkat pukul 00.00 WIB.

Hari Kedua

Pukul 00.00 tepat kita berlayar menuju pelabuhan Merak. Karena di dalam ruang tunggu ekonomi panas banget, kita milih duduk di luar ruangan yang sudah disiapin tikar. Ternyata per tikar harus bayar Rp 5.000,-. Kita ambil satu tikar. Karena ane mabuk laut, ane cuma bisa tidur diatas tikar dan nggak kuat buat jalan-jalan muterin kapal. Pukul 03.30 WIB kapal udah sandar di pelabuhan Merak. Setelah turun dari kapal, kita langsung nyari satpam buat nanyain staisiun Merak. Ternyata masih di wilayah pelabuhan tetapi kata pak satpam sebaiknya nunggu di pelabuhan sampai pukul 05.00 WIB dan baru ke stasiun, karena katanya stasiun kurang begitu aman. Kita ngelanjutin tidur di ruang tunggu pelabuhan.

Pukul 05.00 WIB kita jalan ke stasiun Merak yang jaraknya hanya sekitar 300 meter dari pelabuhan. Stasiunnya nampak kecil dan agak nyelip serta hanya ada dua jadwal keberangkatan kereta dari stasiun ini. Kita langsung ke loket untuk beli tiket ekonomi Banten Ekspress tujuan stasiun Jakarta Kota seharga Rp 5.000,- per orang dan tidak ada nomor tempat duduk, tempat duduknya bebas milih. Pukul 06.00 WIB kereta berangkat. Pertama-tama kereta nampak sepi, lama-kelamaan kereta penuh sesak. Tujuan kita adalah stasiun Pondok Ranji, ternyata keretanya nggak berhenti di stasiun Pondok Ranji. Kita terpaksa turun di stasiun Kebayoran pukul 09.45 WIB. Kita lalu cari tiket KRL AC ke stasiun Pondok Ranji seharga Rp 6.000,- per orang. Pukul 10.15 WIB KRL berangkat, sekitar 10 menit perjalan menuju stasiun Pondok Ranji. Sampai di stasiun Pondok Ranji Pukul 10.35 kita naik angkot nomor 8 ke daerah Pondok Aren. Karena orang asing disitu, kita kena ongkos sebesar Rp 5.000,- padahal Rp 2.000,- pun jadi. Sampai di Pondok Aren dekat Masjid Al-Abror kita istirahat di rumah milik omnya si AP.

Pukul 20.00 WIB kita pinjam dua motor buat jalan-jalan muterin kota Jakarta. Pertama kita kebut motor ke daerah Bintaro, kita mampir ke STAN. Namun berhubung daerah itu mati lampu, impian buat ngejamah STAN pupus sudah, au ah gelap. Kita ngelanjutin perjalanan ke Kota Tua, tapi sebelum itu kita mampir angkringan dulu dimana yang jual adalah orang Gunung Kidul juga nggak lupa mampir ke Indomaret buat beli tiket kereta api Bisnis Argo Parahyangan dari stasiun Gambir tujuan Bandung seharga Rp 50.000,- dengan biaya administrasi Rp 15.000,- per dua pemesanan dan jadwal keberangkatan pukul 10.35 WIB. Setelah muter-muter Kota Tua, kita menuju Monas. Sampai di Monas pukul 11.30 WIB. Pukul 00.00 WIB kita keluar dari Monas dan pulang ke rumah omnya si AP tentunya.

Hari Ketiga
            Niat pukul 07.00 berangkat ke stasiun Gambir dan yang terjadi baru bangun pukul 08.00 WIB. Tak ada waktu lagi untuk berkompromi, pukul 08.300 WIB kita langsung pamit menuju stasiun Pondok Ranji. Naik angkot lagi yang kali ini dengan ongkos Rp 2.000,-. Sampai di stasiun Pondok Ranji pukul .... kita nanya KRL tujuan Gambir sekalian beli tiket KRL AC tujuan stasiun Tanah Abang seharga Rp 6.000,-. Ternyata dari stasiun Pondok Ranji ke stasiun Gambir harus transit di stasiun Tanah Abang, stasiun Manggarai, dan stasiun Juanda. Tiba di di stasiun Tanah Abang kita tanya petugas stasiun karena emang kita nggak tau jalan. Kata petugas stasiun, tiket KRLnya bisa digunain dan nggak perlu beli lagi untuk ke stasiun Manggarai. Setelah menunggu sekian lama akhirnya kita dapat KRL ke stasiun Manggarai. Tiba di Manggarai kita langsung disambut KRL ke stasiun Juanda. Stasiun Juanda adalah stasiun setelah stasiun Gambir, karena nggak ada KRL yang turun di stasiun Gambir maka kita turun di stasiun Juanda. Tiba di Juanda pukul 10.10 WIB dan kita langsung mencari dua Bajaj untuk mengantar kita ke stasiun Gambir. Ongkos Rp 10.000,- per Bajaj. Tiba di stasiun Gambir pukul 10.25 WIB (mepet banget) kita langsung nukerin struk Indomaret dengan tiket kereta. Pukul 10.30 WIB akhirnya kita sudah di dalam kereta. Pukul 10.35 WIB kereta berangkat.

            Pukul 14.45 kita tiba di stasiun Hall (Bandung). Kali ini rencana mau nginep di kosannya kakak ane di daerah Sukajadi (sekitar RS Hasan Sadikin). Kita jalan dari stasiun Bandung menuju RS Hasan Sadikin tapi entah mengapa akhirnya kita ke Gor Padjajaran sekalian nunggu sahabat ane si IMWT yang orang Bandung. Karena IMWT masih kena macet di tol Padalarang, Pukul 18.00 WIB kita menuju RS Hasan Sadikin buat nunggu ketemuan sama IMWT sekalian nunggu kakak ane pulang kerja jam 20.00 WIB. Pukul 18.30 WIB si IMWT datang, kita berempat akhirnya nginep di rumahnya IMWT karena kakak ane ternyata pulang telat.



Hari Keempat

            Keesokkan harinya kita berempat dianter IMWT muter-muter kota Bandung. Namun sayang, si AP harus balik ke Palembang karena ada sedikit masalah yang harus diselesaikan. Rombongan yang tersisa lalu melanjutkan keliling Bandung pake Civic merah. Pertama kita ke Gedung Sate, terus lanjut ke Lembang beli tahu susu trus makan nasi merah sama ayam goreng, nyam-nyam *lebay*. Udahan dari situ kita ke Ciwalk buat maen game. Pada maen basket, ane sih cuma nonton karena nggak mahir.

 Rencana abis dari Ciwalk mau ke kosan kakak ane, nginep sehari lagi sekalian nunggu si AP balik dari Palembang. Ternyata si AP ketinggalan pesawat ke Palembang dan musti nginep di bandara Soetta buat penerbangan esok hari. Akhirnya kita mutusin buat langsung pulsng sore itu. Kita menuju stasiun buat beli tiket ekonomi yang ternyata udah abis dan tinggal tiket bisnis “Lodaya Malam” yang harganya sudah naik dari Rp 110.000,- jadi Rp 140.000,-. Karena sudah telanjur, kita beli dan berangkat dari Bandung pukul 20.05 WIB. Sampai stasiun Klaten pukul 04.28 WIB.



RESULT
Taksi Sukabangun II – S.Kertapati                                             : IDR 16K
Kereta Ekonomi “Rajabasa” (Palembang-Lampung)                      : IDR 18K
Travel S.Tanjung Karang – P.Bakauheni                                     : IDR 30K
Kapal Fery P.Bakauheni – P.Merak                                             : IDR 11,5K
Kereta Ekonomi “Banten Express” S.Merak – S.Jakarta Kota          : IDR 5K
Commuter AC S.Kebayoran – S.Pondok Ranji                             : IDR 6K
Angkot S.Pondok Ranji – Pondok Aren                                      : IDR 5K
Angkot Pondok Aren – S.Pondok Ranji                                      : IDR 2K
Commuter AC S.Pondok Ranji – S.Juanda                                  : IDR 6K
Bajaj S.Juanda – S.Gambir                                                        : IDR 5K
S.Gambir – S.Hall (Bandung)                                                     : IDR 54K
S.Hall (Bandung) – S.Klaten                                                       : IDR 140K +
Total                                                                                       : IDR 298,5K